Nanang Ajak Masyarakat Perbaiki Pola Hidup Sehat

DL/05032020/KALIANDA

---- Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengajak masyarakat untuk senantiasa meminta pola hidup sehat guna meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona yang sudah merenggut nyawa 3,162 jiwa di dunia untuk hari Rabu 4 Maret 2020 dan telah terkonfirmasi menyebar di 76 negara, termasuk Indonesia.

Tidak hanya itu, Nanang Ermanto juga menerima seluruh Kepala OPD, termasuk Camat dan Kades untuk mensosialisasikan cara pencegahan virus corona COVID-19 namun mudah dicerna oleh masyarakat melalui media sosial masing-masing.

Dalam imbauan tersebut, Nanang mengajak masyarakat agar sering mencuci tangan pakai, menggunakan masker jika batuk atau pilek, konsumsi gizi yang seimbang dengan memperbanyak makan sayur dan buah, berhati-hati jika melakukan kontak dengan hewan, rajin berolah raga, serta bernapas yang cukup, jangan makan daging yang tidak dimasak, tersedia saat batuk, pilek dan makanan cepat saji untuk segera di cek ke fasilitas kesehatan terdekat.

Nanang menjelaskan, imbauan yang menggantikan selain untuk mengedukasi masyarakat terkait cara yang terjangkit virus yang menggemparkan dunia ini, juga untuk mencegah agar masyarakat tetap tenang dan tidak menginstal terhadap informasi hoax yang mengembangkan terkait virus corona.


Agar tidak terjadi kepanikan di masyarakat Lampung Selatan, Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto bergerak cepat dengan membawa imbauan melalui media luar ruang (spanduk, merah) dan media sosial jajarannya.

“Sebenarnya Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sudah mulai jauh hari melakukan antisipasi terhadap isu virus corona. Kita sudah menyiapkan ruang isolasi khusus di RSUD Bob Bazar dan sudah saya cek langsung kesiapannya pada Jumat, 31 Januari 2020 yang lalu, ”ujar Nanang yang diruang berlayar, Kamis 5 Maret 2020.

“Tentunya kita berharap ruangan isolasi itu tidak terpakai, dalam artian tidak termasuk masyarakat Lampung Selatan yang membutuhkan virus corona. Akan tetapi, kami harus menyelesaikan semua yang terjadi, ”imbuh Nanang.

“Saya meminta masyarakat Lampung Selatan untuk tetap tenang, tidak perlu rumit yang berlebihan. Tetap jaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat. Lebih lanjut tentang informasi terbaru yang saya dapatkan, lebih dari 50 pasien pasien corona berhasil disembuhkan. Di beberapa negara asia seperti Vietnam, Kamboja, Oman dan Sri Langka, tingkat kesembuhan terkait virus mencapai 100 persen, ”jelas Nanang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, dr. Jimmy Baggas Hutapea, MARS, mengatakan, hingga saat ini tidak ada masyarakat Lampung Selatan yang terjangkit Penyakit Virus Corona 19 (COVID 19). (ris)

Tags